Cara Membuat Bir Pletok

Cara Membuat Bir Pletok, resep membuat bir pletok


Jangan berfikir negatif dulu saat melihat judulnya. Bir pletok ini lain dari bir-bir yang biasanya. Bir ini sangat populer di Betawi dan bukan minuman keras.

Bir pletok adalah minuman khas Betawi yang terbuat dari campuran beberapa rempah-rempah, seperti jahe, kayu manis dan serai.

Jadi bagi anda yang belum tahu bir pletok, tidak usah khawatir. Karena minuman ini tidak memabukan. Justru minuman ini bisa menyehatkan badan jika dikonsumsi. Yang pastinya meskipun tidak memabukan, jangan berlebihan mengkonsumsinya yaa,,, yang namanya berlebihan itu ga baik...hehe

Oh iya... Agar minuman ini warnanya lebih menarik, orang biasanya menggunakan tambahan kayu secang, yang akan memberikan warna merah bila diseduh dengan air panas.

Minuman ini berkhasiat untuk memperlancar peredaran darah. Masyarakat Betawi banyak mengonsumsinya pada malam hari sebagai penghangat. Berikut resep bir pletok.

Bahan-Bahan:
50 gram jahe merah, memarkan
5 cm batang kayu manis
Segenggam kayu secang
100 gram gula pasir
5 butir merica hitam bulat
2 batang serai, memarkan
2 buah cabai jawa
1 liter air
¼ sdt garam

Cara Membuat:
- Rebus air dalam panci hingga mendidih.

- Masukkan jahe, kayu manis, serai, kayu secang, merica hitam, dan cabai jawa. Masak sampai beraroma harum.

- Tambahkan gula dan garam. Didihkan kembali supaya gula dan garamnya larut. Kemudian angkat.

- Sajikan bir pletok dalam keadaan hangat. Tapi jika mau, bisa juga disajikan dalam keadaan dingin.

Walaupun bir pletok merupakan minuman etnis Betawi, bagi anda yang bukan etnis Betawi, anda dapat membuat minuman ini sendiri di rumah dan anda tidak perlu jauh-jauh ke Jakarta.

Bir pletok dapat disajikan dalam keadaan hangat ataupun dingin. Bir ini juga dapat anda sajikan untuk orang yang anda cintai. Selamat mencobanya di rumah! Semoga bermanfaat.

Comments