Nasi Goreng Telur Pedas

Cara memasak nasi goreng telur pedas, resep nasi goreng telur pedas

Nasi goreng adalah salah satu kuliner yang banyak digemari di Indonesia. Apalagi setelah presiden Amerika, Barack Obama mengatakan sangat menyukai nasi goreng, kuliner satu ini menjadi terkenal di dunia internasional.

Sebenarnya nasi goreng telah ada sejak 1400 tahun sebelum Masehi. Yang pertama kali memperkenalkannya adalah masyarakat Tionghoa.

Awalnya karena kebiasaan masyarakat Tionghoa yang tidak suka menyantap makanan yang sudah dingin dan tidak suka membuang sisa makanan termaduk nasi, akhirnya mereka menggoreng nasi yang sudah dingin tersebut supaya hangat kembali.

Karena banyaknya masyarakat Tionghoa yang merantau ke berbagai penjuru dunia, mereka memperkenalkan cara mengolah nasi yang sudah dingin supaya bisa hangat kembali dengan cita rasa yang lebih enak.

Dengan menyebarnya warga Tionghoa maka nasi goreng pun banyak versi dan bumbunya pun beragam untuk tiap daerah.

Nah kali ini, di postingan ini akan diberikan salah satu resep membuat nasi goreng yang enak, yaitu nasi goreng telur pedas. Kenapa pedas? Karena sekarang kan lagi booming makanan pedas. Hehe. Silahkan catat bahan dan cara membuatnya yaa...!!!

Bahan-Bahan:
Nasi putih 2 piring
Daging ayam 10 suwir
Telur ayam 2 butir
Kecap manis 2 sendok makan
Saus sambal 2 sendok makan
Minyak goreng secukupnya
Kol 2 lembar (iris halus)
Seledri 2 batang (iris kecil-kecil)
Daun bawang 2 helai (iris kecil-kecil)

Bumbu Yang Dihaluskan:
Cabai rawit merah 3 buah
Cabai merah besar 5 buah
Garam 1 sendok teh
Gula pasir ½ sendok teh
Bawang merah 3 butir
Bawang putih 3 siung

Cara Membuat:
- Haluskan terlebih dahulu bumbu yang telah disiapkan. Anda dapat menggunakan cobek ataupun blender untuk menghaluskan bumbu tersebut.

- Langkah berikutnya, siapkan wajan lalu panaskan minyak secukupnya. Atur api agar tidak terlalu besar, gunakan api yang kecil saja.

- Masukkan bumbu yang telah dihaluskan sebelumnya. Aduk terus secara perlahan lalu tumis bumbu sampai baunya harum.

- Jika bumbu sudah berbau harum, masukkan sayur-sayuran seperti kol, seledri dan juga daun bawang. Aduk-aduk sebentar sampai sayuran layu dan tercampur secara merata.

- Masukkan nasi lalu aduk-aduk terus sampai nasi dan bumbu tercampur merata. Jangan lupa masukkan daging ayam sambil terus diaduk.

- Jika nasi sudah terasa panas, masukkan telur ke dalam wajan. Aduk terus agar telur dapat tercampur merata dengan nasi. Gunakan api sedang.

- Tambahkan kecap dan juga saus, aduk kembali dan masak sampai matang.

- Jika nasi goreng telur pedas ini sudah matang, angkat lalu sajikan.

Tips: untuk menambah kenikmatan nasi goreng, Anda dapat menambahkan bahan pelengkap lain seperti kerupuk, mentimun segar dan bawang goreng.

Itulah resep membuat nasi goreng telur pedas. Silahkan berkreasi sendiri di rumah dengan memodifikasi level kepedasan dan bumbu-bumbunya sesuai selera masing-masing. Semoga bermanfaat.

Comments