Resep Membuat Nasi Kebuli Yang Gurih Dan Enak

Nasi Kebuli merupakan salah satu kuliner yang bernuansa Arab Timur Tengah. Khususnya berasal dari negeri Yaman.


Nasi kebuli tersebar hingga ke Indonesia dikenalkan oleh orang- orang Yaman yang datang ke Indonesia dalam misi menyebarkan agama Islam.

Sehingga sampai sekarang nasi kebuli bisa ditemukan di acara-acara keagamaan, misalnya saat Maulid Nabi di Jakarta yang diadakan oleh habaib.

Nasi Kebuli, terdiri dari nasi yang memiliki rasa gurih karena telah dibumbui terlebih dahulu. Lalu, didalamnya juga terdapat kismis dan daging kambing yang dimasak juga bersamaan dengan nasinya.

Nasi Kebuli memiliki cita rasa gurih karena dimasak menggunakan santan, juga berbagai macam aroma harum yang dihasilkan dari aneka rempah-rempah.

Nah bagi yang penasaran ingin mencoba sendiri membuat nasi kebuli di rumah untuk dihidangkan kepada keluarga tercinta, silahkan catat resep berikut.

Bahan nasi kebuli :
1 kg beras pulen dicuci bersih lalu tiriskan
300 gram daging has kambing dipotong-potong kecil
150 gram bawang bombay dicincang halus
750 ml susu cair atau dapat diganti dengan santan
10 cm kayu manis
8 butir kapulaga
5 butir cengkeh
4 sendok makan margarine
1/2 butir biji pala dimemarkan
500 ml air

Bumbu yang dihaluskan:
10 buah bawang merah
5 siung bawang putih
4 cm jahe
2 sendok teh garam
1,5 sdm ketumbar, sangrai
1/2 sdt merica, sangrai

Bahan pelengkap:
3 sendok makan bawang merah goreng
2 sendok makan kismis

Cara membuat nasi kebuli :
1. Haluskan semua bumbu-bumbu yang dihaluskan. Setelah semua bumbu halus sisihkan dahulu.

2. Siapkan wajan dan panaskan 4 sendok makan margarine sampai meleleh lalu masukkan bumbu yang sudah dihaluskan tadi dan masak sampai mengeluarkan bau harum dan matang.

3. Tambahkan kayu manis, kapulaga dan cengkeh lalu aduk sampai mengeluarkan aroma wangi dari bumbu tersebut.

4. Masukkan daging kambing yang sudah dipotong-potong kecil kedalam tumisan bumbu tadi sambil diaduk hingga daging kambing kaku dan bumbu meresap.

5. Tambahkan 500 ml air dan masak hingga airnya habis dan daging kambing menjadi lunak, lalu angkat dan sisihkan.

6. Kukus beras yang sudah dicuci bersih selama 30 menit hingga nasi menjadi aron atau setengah matang lalu angkat.

7. Pindahkan aron tadi kedalam panci dan tambahkan750 ml susu cair atau santan dan masak dengan menggunakan api kecil sambil diaduk hingga rata.

8. Masukkan daging kambing yang telah diolah tadi kedalam campuran santan dan beras sambil diaduk sampai susu atau santan terserap habis kedalam nasi, lalu angkat.

9. Pindahkan kembali nasi kedalam kukusan dan dikukus kembali selama setengah jam atau sampai nasi bena-benar matang. Lalu angkat dan nasi kebuli siap untuk disajikan.

Nasi Kebuli sudah lezat jika Anda langsung menyantapnya tanpa menggunakan lauk tambahan lagi karena di dalamnya sudah terdapat kismis dan juga daging kambing.

Rasanya yang lezat dan cocok dilidah orang Indonesia. Selamat mencoba membuatnya sendiri ya di rumah. Dan semoga bermanfaat.

Comments